0

Dengan mengendarai Hartop pasangan YARIS menuju KPUD Salatiga (22/09/2016) foto : Nur Yulianto

Salatiga, PKS Blora Online – Pasangan Yuliyanto-Muh Haris (Yaris) resmi mendaftar untuk maju menjadi calon wali kota dan wakil wali kota Salatiga pada Pilkada 2017. Yaris didaftarkan enam parpol koalisi yang memiliki kursi di DPRD Salatiga yaitu Demokrat (3 kursi), PKS (4), Gerindra (4), Golkar (2), Nasdem (1), dan PPP (1). Sedangkan dua parpol nonkursi yang ikut mendukung yaitu PAN dan Perindo.
Berkas pendaftaran diserahkan ketua tim koalisi Agus Pramono yang diterima langsung ketua KPU Salatiga Putnawati yang kemudian dilakukan verifikasi. Pendaftaran dimulai pukul 10.00 dan tuntas dinyatakan berkas memenuhi syarat empat jam kemudian. Ketua KPU Salatiga Putnawati mengatakan, setelah dibuka pendaftaran pada 21 Sepetember, baru satu pasangan calon yang mendaftar yaitu Yuliyanto dan Muh Haris. Pendafatran sendiri akan ditutup pada Jumat (21/9) pukul 24.00.
Menurutnya, pasangan Yuliyanto dan Muh Haris didukung gabungan partai politik yang memiliki total kursi di DPRD Salatiga 15 kursi. Sedangkan syarat minimal dukungan adalah lima kursi. “Pendaftaran hanya sekali sehingga sekali mendaftar diharapkan berkas lengkap. Setelah KPU memverifikasi berkas dan memeriksa syarat-syarat calon dari pasangan Yuliyanto dan Muh Haris dinyatakan lengkap dan memenuhi setelah melalui rapat pleno KPU Salatiga,” katanya.
Verifikasi
Putnawati mengakui, verifikasi memakan waktu karena banyak ditemukan kesalahan penulisan nama calon wali kota dan wakil wali kota yang diusung oleh parpol itu. Misalnya, ejaan nama Yuliyanto ada yang ditulis Yulianto tanpa huruf “Y”. Padahal di KTP tertulis Yuliyanto.
Begitu juga nama Muh Haris, ada surat rekomendasi parpol tertulis Muhammad Haris. Padahal yang benar adalah Muh Haris sesuai yang tertera di KTP. “Solusinya parpol yang surat rekomendasinya tidak sesuai nama yang tertera KTP membuat surat pernyataan bahwa nama yang dimaksud adalah satu yaitu Muh Haris atau Yuliyanto. Dan itu disepakati juga oleh Panwaslu karena meski ejaan nama berbeda, tetapi orangnya satu,” katanya.
Pasangan Yaris saat mendaftar diarak dengan konvoi kendaraan dari rumah Yuliyanto jalan Merdeka Selatan menuju kantor KPU salatiga di Argomulyo. Peserta konvoi ini adalah partai-partai pendukung dan pengusung serta para relawan Yaris. 

tupri / Sumber : suaramerdeka.com

Posting Komentar

 
Top