0
Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kab Blora, Santoso Budi Susetyo S.Sos

Oleh : SBS

Tidak berlebihan kiranya ada ungkapan Men Are from Mars, Women Are from Venus yang konon diambil dari judul sebuah buku, intinya bahwa antara pria dan wanita itu mempunyai sifat yang berbeda bahkan bertolak belakang. Penting bagi wanita belum tentu untuk  pria. Membosankan bagi pria justru asik bagi wanita.

Dalam sebuah hubungan, pria dituntut wanita untuk mengerti, kata ini seolah menjadi kata ganti dan simplifikasi dari sebuah bukti keberhasilan seorang pria  padahal tantangan mengelola perbedaan menjadi keserasian  butuh kesabaran dan kecerdasan. Tarik ulur, meninggi melandai adalah dinamika yang harus dilakukan.

Kenyataannya negosiasi sering saya lakukan ketika datang permintaan mengantar dan menemani belanja istri, bagi saya ini kegiatan yang  menjemukan. Proses belanja yang bertele tele tidak to the point dan hampir pasti nambah item belanja dari rencana semula berbeda sama sekali dengan gaya  belanja saya. Di sisi lain saya percaya ini adalah hiburan bagi wanita siapapun di manapun. Atas dasar pertimbangan seperti itu kira kira tiga kali bernegosiasi hasilnya satu kali saya harus "kalah" dan membersamainya.

Padahal memanfaatkan momen seperti ini ternyata juga penting, ada kebersamaan dan komunikasi, terutama saat perjalanan pulang pergi dan saat bonus makan barengnya, saat saat seperti ini justru lebih "efektif" untuk membangun kesefahaman ketika muncul persepsi yang berbeda terhadap persoalan. Tidak jarang candaan dan rayuan ( gombal) muncul menyela dan menghangatkan. Ternyata dalam momen  seperti ini kita akan menemukan banyak nutrisi yang menyehatkan untuk membina hubungan.

Biasanya setiap beli jilbab atau baju baru istri bertanya " Pantes bi..?" Saya akan selalu menjawab "Pantes.." padahal kadang dalam hati mengatakan "Jilbab koyo ngono koq dituku.."  . Saya yakin jawaban seperti itu yang diharapkan wanita walaupun bisa jadi dia  tahu hanya digombalin..he he, variasi dan bumbu  menjadi penting untuk mengemas sanjungan dan perhatian.

Melakukan dengan kefahaman serta keikhlasan , juga melawan ego yang seringkali mengalahkan InsyaAllah akan hadir saling pengertian. Kepiawaian memainkan peran secara baik dan proposional  akan selalu dinantikan oleh pasangan. Perbedaan tidak selalu menjemukan.

Posting Komentar

 
Top