0
Politisi PKS, Mardani Ali Sera

Jakarta (03/09) -- Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera mengharapkan penanganan krisis di Papua dan Papua Barat dilakukan dengan pendekatan kemanusiaan, cinta dan kasih sayang, Jum'at (30/08/2019) di Jakarta.
"Penanganan krisis di Papua dan Papua Barat harus melalui pendekatan kemanusiaan, cinta dan kasih sayang karena Papua adalah merah putih,” Kata Mardani
Lebih lanjut pimpinan Komisi II DPR RI itu mendesak Presiden Jokowi segera membentuk satuan tugas (Satgas) khusus krisis papua. Satgas yang sudha dibentuk tersebut harus segera melakukan pendekatan kemanusiaan dalam upaya diplomasi mencari titik temu penyelesaian krisis, lanjutnya.
"Menurut saya krisis di Papua yang terjadi sekarang adalah titik kulminasi (puncak, red) dari masalah sosial, ekonomi dan krisis kepercayaan diri yang dirasakan warga Papua selama ini. Selama ini pendekatan pemerintah menangani krisis di Papua masih lebih menggunakan pendekatan kemanan ketimbang kemanusiaan, cinta dan kasih sayang," tutur Mardani.
Ia berharap juga Satgas Krisis Papua bisa melakukan dialog langsung kepada aktor-aktor yang menyulut krisis ini melalui pendekatan humanistik.
"Pak JK punya pengalaman menyelesaikan masalah konflik di Aceh dan Ambon, Saya yakin berdasarkan pengalaman beliau itu, bisa memimpin Satgas menyelesaikan masalah di Papua sesegera mungkin,” ujar Mardani.
Selain itu, MArdani mengatakan perlunya soslusi pemekaran daerah sebagai upaya mendasar pemerataan pembangunan masalah ekonomi sosial di Papua.
"Saya mengusulkan pemekaran Propinsi Papua menjadi 7 Propinsi bagian dengan memberikan pelayanan sepenuh hati kepada Papua agar terus bangkit," tutupnya.

Sumber : PKS.ID

Posting Komentar

 
Top