0

Foto : Sutriyono saat memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di daerah pemilihannya, Pati, Jawa Tengah, Sabtu (18/2/2017)
Publicapos.com - Sebanyak 101 daerah telah melaksanakan Pilkada serentak tahap kedua. Pelaksanaan pilkada yang lancar dan aman sejauh ini menunjukkan kedewasaan demokrasi masyarakat Indonesia.(20/2) 
Menurut anggota FPKS MPR RI Sutriyono, masyarakat Indonesia sudah cukup dewasa dalam menyikapi dinamika politik dan demokrasi. Hal itu menurutnya, menegaskan pemahaman masyarakat Indonesia cukup baik mengenai Pancasila sebagai dasar negara. 
"Kerukunan dan toleransi, serta kelancaran dalam pelaksanaan Pilkada serentak ini menggambarkan bahwa masyarakat kita cukup dewasa menyikapi perbedaan. Ini adalah nilai dari Persatuan Indonesia dalam Pancasila kita," ujar Sutriyono saat memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di daerah pemilihannya, Pati, Jawa Tengah, Sabtu (18/2/2017) kemarin. 
Dia mengapresiasi aparat keamanan dan berbagai unsur masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kelancaran Pilkada di berbagai daerah. Anggota Komisi II DPR RI ini tidak menafikan masih banyak gesekan dan kecurangan dalam penyelenggaraan Pilkada kali ini. 
Sutriyono mengingatkan, masyarakat untuk tetap mengedepankan prinsip persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hasil Pilkada nanti yang akan diumumkan Komisi Penyelenggaraan Pemilu (KPU) pekan depan harus bisa diterima dengan lapang dada. 
KPU juga menurutnya, harus berlaku adil dan netral dalam menyelenggarakan Pilkada hingga prosesnya berakhir. Sebab proses penghitungan pasca pencoblosan sangat rawan manipulasi dan kecurangan. Pengawas Pilkada dan aparat keamanan, lanjut dia, juga sangat menentukan kestabilan dan keseimbangan proses Pilkada yang adil, jujur dan rahasia. "Jika ada ketidakpuasan terhadap hasil sementara Pilkada, ada mekanisme hukum yang bisa ditmpuh pihak yang merasa dirugikan. Terpenting jaga aman dan lancarnya Pilkada," imbuhnya.

Posting Komentar

 
Top